Sanggar nuun Yogyakarta

About Us

Sejak didirikan pada 27 Oktober 1992 di Kaliurang Yogyakarta, Sanggar Nuun telah melewati berbagai laku perjalanan estetik, semangat menjelajah dunia kesenian. Sebagai komunitas kesenian, Sanggar Nuun menjadi wadah atau tempat berkumpul, berpikir dan “bergesekan” secara kreatif untuk mendialogkan berbagai nilai dan idealisme berkesenian.

Secara legal formal Sanggar Nuun adalah Badan Otonomi Mahasiswa (BOM) Fakultas yang bernaung di bawah Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga dan berkedudukan sebagai duta resmi kebudayaan Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga.

Sanggar Nuun yang bergerak di wilayah seni dan budaya, dengan konsentrasi pada beberapa disiplin seni, yakni: Teater, Pantomim, Sastra, Musik dan Seni Rupa, terus melakukan upaya-upaya kreatif untuk menggali berbagai macam kemungkinan dalam proses penciptaan karya seni yang berdasar atas nilai religiusitas-humanis, suatu keniscayaan untuk diterapkan dalam proses kreatif manusia yang selalu merindukan muasal dalam proses pencarian diri.

Dengan di dukung kurang lebih 50 anggota aktif dan 600 warga (pasif) yang tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia, hingga saat ini, Sanggar Nuun telah melakukan berbagai produksi karya, yakni: 22 kali produksi musik, 2 kali produksi pantomim, 18 kali produksi teater, 4 kali pameran seni rupa, 3 kali pesantren sastra, serta berbagai bentuk kegiatan lain, baik di dalam maupun di luar Yogyakarta.

Ibarat sebuah pelayaran, Sanggar Nuun merupakan perahu bagi orang-orang yang hendak melakukan perjalanan alternatif, bermodalkan angin sebagai mesin penggerak guna menjelajah samudera. Berlayar dan berlabuh dari dan ke berbagai dermaga.